Yuk Cobain Nikmatnya 10 Wisata Kuliner Kota Magelang

Dunia Kuliner Indonesia - 10 wisata kuliner kota magelang Kota magelang merupakan salah satu kota di provinsi jawa tengan yang cukup berkembang dan memiliki potensi wisata yang luar biasa. Kota magelang ini di kelilingi oleh berbagai gunung yang terkenal di jawa tengah karena kota magelang tepatnya berada di cekungan di antara gunung-gunung yang indah menjulang tinggi. Pemandangan dari kota magelang sangatlah indah karena di sisi timur terdapat gunung merbabu dan gunung merapi, kemudian di sisi barat yang berbatasan langsung dengan kabupaten temanggung dan wonosobo terdapat gunug sumbing. Selanjutnya di bagian utara yang berbatasan langsung dengan kabupaten semarang terdapat deretan pegunungan telomoyo.
Selain memiliki keindahan alam yang menakjubkan di kota magelang ini juga terdapat salah satu candi terbesar di dunia dan menjadi warisan budaya dunia. Bahkan candi ini sudah terkenal hingga ke mancanegara, nama candi tersebut adalah candi Borobudur. Peninggalan candi jaman dahulu ini merupakan warisan budaya Indonesia yang tak ternilai harganya dan harus di jaga dan di lestarikan. Setiap harinya banyak wisatawan yang berkunjung ke candi Borobudur ini baik dari dalam negri maupun luar negri. Namun ketika anda berkunjung ke candi Borobudur anda juga wajib mencicipi beragam kuliner khas magelang yang hanya ada di kota magelang ini. untuk itu berikut 10 wisata kuliner kota magelang yang patut anda coba ketika sedang berlibur di magelang ini.

Kupat tahu magelang

Kupat tahu magelang

Salah satu kuliner khas yang menjadi ikon kota magelang adalah kupat tahu magelang, belum afdol rasanya jika ke magelang tapi belum menyicipi kupat tahu khas magelang ini. ada banyak makanan khas magelang namun yang paling khas diantara yang lainnya adalah kupat tahu ini yang bahkan sudah terkenal hingga ke seluruh Indonesia. kupat tahu magelang terbuat dari irisan kupat, tahu, seledri, tauge, telur dan kacang goreng yang kemudian di siram dengan kuas khas magelang yang berasa manis. Kupat tahu ini cocok untuk di makan di kala cuaca dingin dan lapar.

Buntil lumbu

Buntil lumbu

Mungkin bagi sebagian dari anda ada yang masih merasa asing dengan nama buntil lumbu, karena makanan ini memang hanya berada di jawa tengah terutama khasnya berada di kota magelang ini. buntil lumbu merupakan makanan yang terbuat dari daun talas atau daun keladi yang di gulung kemudian di isi dengan sambal teri pedas dan di masak dengan kuah santan di sertai bumbu rempah yang lezat. Jika anda sedang berkunjung ke kota magelang maka wajib untuk mencicipi buntil lumbu ini. apalagi jika di makan dengan nasi hangat serta lauk tahu maupun tempe. Meskipun sederhana namun rasanya nikmat.

Sop senerek

Sop senerek

Untuk anda yang sedang mencari makanan yang berkuah dan segar di kota magelang ini maka kami rekomendasikan untuk mencoba sop senerek. Sop senerek ini adalah merupakan sop kacang merah yang di padukan dengan berbagai macam sayuran seperti bayam, wortel, daun bawang dan seledri serta di bumbui dengan bumbu khas dan di campur dengan ayam, daging maupun jeroan.

Getuk gondok

Getuk gondok

Kudapan khas kota magelang ini cocok untuk di jadikan oleh-oleh karena termasuk awet dan tahan hingga beberapa hari. Getuk gondok merupakan getuk yang terbuat dari singkong namun bedanya dari getuk biasa adalah karena getuk gondok khas magelang ini memiliki bentuk yang warna warni. Namun jangan khawatir karena pewarna makanan getuk gondok ini menggunakan pewarna makanan alami sehingga baik untuk di konsumsi.

Wedang kacang

Wedang kacang

Sama seperti daerah lainnya di jawa, di kota magelang ini juga memiliki minuman khas magelang yakni wedang kacang. Wedang kacang terdiri dari ketan, kacang merah dan di siram dengan kuah jahe. Biasanya di hidangkan di mangkuk kecil. wedang kacang ini cocok di minum malam-malam dengan menikmati suasana kota magelang yang dingin maka anda akan terasa hangat dengan meminum wedang kacang ini.

Mie godog

Mie godog

Berkunjung ke magelang belum legkap rasanya jika belum mencicipi mie godog khas magelang ini, mie godog ini berbeda dengan mie di daerah lain karena perpaduan bumbu yang khas dan lezat menjadikan mie godog magelang ini menjadi salah satu kuliner di magelang yang tak boleh terlewatkan.

Mangut lele

Mangut lele

Untuk anda yang menyukai cita rasa pedas dan gurih maka anda wajib mencoba mangut lele khas magelang, mangut lele merupakan makanan berbahan dasar lele yang di beri kuah berupa santan dan sambal terasi yang  lezat membuat anda ketagihan dan selalu ingin mencobanya lagi dan lagi. Mangut lele ini bisa anda temukan di banyak warung makan yang ada di kota magelang karena hampir setiap warung makan di kota magelang pasti menyediakan mangut lele sebagai salah satu menu andalannya.

Nasi lesah magelang

Nasi lesah magelang

Kuliner satu ini merupakan makanan khas magelang yang perlu anda coba, apalagi jika anda pecinta makanan segar berkuah. Sekilas nasi lesah ini mirip dengan nasi soto namun tentunya berbeda sama sekali. nasi lesah merupakan nasi yang di campur dengan berbagai macam sayuran kemudian di siram dengan kuah kaldu ayam yang gurih. Sayuran yang di campurkan di atas nasi lesah ini adalah wortel, kubis, kecambah, seledri dan daun bawang. Sayangnya nasi lesah ini sudah mulai jarang di temukan namun di beberapa sisi di kota magelang anda masih bisa menemukannya. Salah satunya adalah di desa tanjung sari kecamatan Borobudur, magelang. Jika anda sedang berlibur ke candi Borobudur maka tak ada salahnya untuk mencicipi nasi lesah ini.

Kethak

Kethak

Banyak yang masih asing dengan makanan yang satu ini, karena memang makanan yang satu ini hanya ada di magelang. Namanya adalah kethak, makanan ini merupakan lauk tradisional yang berasal dari magelang yang berbahan dasar ampas bekas pembuatan minyak kelapa yang di bumbui dengan bumbu bacem. Oleh karena itu, kethak memiliki cita rasa yang manis dan gurih dan sangat cocok untuk di sandingkan dengan buntil lumbu yang pedas serta ditambah dengan nasi hangat. Biasanya kethak di jual bersamaan dengan buntil dan banyak di jual di pasar-pasar tradisional di magelang ataupun di jual oleh penjual sayuran matang keliling, jadi anda tak perlu repot-repot keluar rumah.

Es krim mahkota

Es krim mahkota

Siapa di sini yang tidak suka ice cream? Hampir semua orang menyukai es krim baik tua muda, di magelang terdapat salah satu tempat penjualan es krim home made yang sangat legendaris bernama es krim mahkota. Es krim ini  sudah ada sejak dulu dan rasanya tidak kalah dengan es krim yang sudah terkenal yang banyak di jual di toko maupun supermarket. Jika anda sedang berada di magelang maka wajib mencicipi es krim yang satu ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel