10 Wisata Kuliner Kabupaten Temanggung

Dunia Kuliner Indonesia - 10 wisata kuliner kabupaten temanggung Mungkin dari sebagian dari anda ada yang masih asing dengan kabupaten temanggung? Kabupaten temanggung merupakan salah satu kabupaten di jawa tengan dengan kota administrasinya di kota temanggung. Kota temanggung sendiri di lalui oleh jalur lintas nasional untuk ke arah semarang maupun ke arah pantura. Biasanya orang-orang dari jawa bagian selatan jika akan ke semarang maka bisa melewati kabupaten temanggung ini karena kabupaten temanggung ini berbatasan langsung dengan kabupaten semarang di sisi timur. Kabupaten temanggung juga merupakan kabupaten yang berada di dataran tinggi sehingga kotanya sejuk dan sangat nyaman untuk di kunjungi.
Untuk anda yang belum pernah ke temanggung, tidak ada salahnya untuk mencoba mengunjungi salah satu kota di jawa tengah ini yang sejuk dan tenang. Anda bisa merencanakan liburan ke kota temanggung ini karena disini juga terdapat banyak tempat wisata alam yang pastinya tidak mengecewakan dan wajib di kunjungi. Selain wisata alamnya, anda juga bisa berwisata kuliner dan mencicipi makanan khas kota temannggung ini. karena rasanya belum afdol jika liburan ke suatu kota namun tidak mencicipi makanan khas kota tersebut. untuk itu, berikut kami berikan daftar 10 wisata kuliner di temanggung yang wajib anda coba ketika anda sedang berada di temanggung.

Nasi goreng tembakau

Nasi goreng tembakau

Wisata kuliner di temanggung yang pertama yang cukup unik adalah nasi goreng tembakau khas temanggung, mungkin bagi sebagian dari anda ada yang merasa aneh karena tembakau di campur dengan nasi goreng lalu bagaimana rasanya? Untuk itu anda wajib mencicipinya karena untuk rasanya tidak di ragukan lagi. Lezat dan sangat khas dan tidak ada di daerah lain. Nasi goreng tembakau ini banyak di jual di pinggir-pinggir jalan di warung tenda ketika malam hari, anda bisa berjalan-jalan di malam hari sambil menikmati sensasi nasi goreng tembakau yang unik dan lezat ini.

Tiwul

Tiwul

Bagi orang di daerah jawa tengah, Jogjakarta dan jawa timur mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya tiwul, karena makanan ini termasuk makanan yang cukup di gemari oleh orang jawa jaman dahulu sebagai kudapan. Tiwul merupakan sebuah makanan tradisional yang berbahan dasar singkong yang kemudian di jadikan tepung dan di bentuk bulat-bulat kecil seperti pasir. Setelah itu di kukus dan di hidangkan dengan parutan ampas kelapa serta di siram dengan gula merah yang telah di cairkan. Rasanya lezat, mengenyangkan dan di jamin anda pasti akan ketagihan.

Empis-empis tempe tahu

Empis-empis tempe tahu

Satu lagi wisata kuliner di temanggung yang unik yang ada di temanggung adalah empis-empis tahu tempe, makanan ini merupakan campuran dari tahu dan tempe yang di campur dengan berbagai sayuran kemudian di oseng dan diberi sedikit kuah. Biasanya empis-empis tahu tempe ini di jadikan lauk makan dan hampir setiap warung makan di temanggung pasti menyediakan empis-empis tahu tempe di dalam menu pilihannya. Rasanya enak dan gurih sangat cocok untuk di jadikan lauk dan di makan dengan nasi hangat.

Lento

Lento

Adapun selain makanan berat, di temanggung juga banyak makanan khas berupa kudapan atau cemilan salah satunya adalah lento. Lento merupakan makanan khas temanggung yang terbuat dari singkong yang di parut kemudian di haluskan dan ditambahkan dengan campuran tepung dan kedelai lalu di goreng. Selain dengan campuran kedelai, lento juga bisa di campur dengan bahan lain seperti kacang hijau maka disebut dengan lento kacang hijau da nada juga di campur dengan kacang tolo maka di sebut dengan lento tolo. Rasanya gurih dan pas di lidah, enak dan bikin nagih.

Brongkos kikil kepala

Brongkos kikil kepala

Jika anda ingin mencoba wisata kuliner di temanggung yang sedikit ekstrim namun lezat untuk di santap maka anda bisa mencoba brongkos kikil kepala khas temanggung ini. kepala yang di gunakan sebagai bahan utama di sini adalah kepala kambing. Anda bisa mencicipi semua bagian dari kepala kambing yang telah di olah di jadikan brongkos dengan rasa yang pedas dan gurih. Bahkan anda bisa mencoba memakan lidah hingga otak kambing di sini. Untuk anda yang ingin mencobanya, brongkos kikil kepala ini mudah di jumpai di temanggung di beberapa tempat makan yang besar.

Sego gono temanggung

Sego gono temanggung

Sego gono atau nasi gono khas temanggung berbeda dengan nasi megono khas magelang, sego gono khas temanggung ini merupakan nasi yang dimasak dengan menggunakan campuran beberapa sayuran antara lain kacang panjang, kelapa, daun lembayung dan ikan teri. Mungkin tampilannya terlihat biasa saja namun jika anda sudah mencobanya maka di jamin anda akan ketagihan karena rasa nasi yang gurih dipadukan dengan campuran bumbu menjadikan sega gono ini semakin lezat.

Balung kuwuk

Balung kuwuk

Kuliner satu ini merupakan cemilan khas temanggung dan cemilan kesukaan orang temanggung. Balung kuwuk terbuat dari singkong atau ketela yang di rebus kemudian di iris tipis-tipis kemudian di jemur di bawah sinar matahari hingga singkong menjadi kering. Setelah kerig kemudian angkat dan goreng, balung kuwuk ini memiliki tekstur yang renyah dan gurih kemudian bisa di padukan dengan tambahan bumbu pedas dari cabai, saus tomat dan gula.

Jadah

Jadah

Makanan kudapan khas temanggung lainnya adalah jadah, kudapan ini berbahan dasar nasi ketan yang di tumbuk ketika masih dalam keadaan panas sehingga ketan akan menjadi halus dan kenyal. Anda bisa memakan jadah ini dengan tambahan gula atau anda juga bisa menggorengnya. Anda dapat dengan mudah menemukan jadah di temanggung ini terutama di tempat pusat oleh-oleh sehingga anda bisa membawanya pulang ke rumah sebagai oleh-oleh untuk keluarga, pasangan dan teman-teman.

Gesing

Gesing

Masih tentang kudapan dan wisata kuliner di temanggung, kali ini ada gesing yang wajib anda coba ketika anda sedang berlibur ke temanggung. Gesing adalah sebuah kue yang di bungkus dengan daun pisang dengan bahan utamanya adalah pisang yang dikukus. Rasanya yang manis dan lembut sangat cocok untuk di jadikan makanan penutup. Gesing banyak di jual di pasar-pasar tradisional dan di jajanan pagi karena gesing ini sangat cocok untuk sarapan ditemani kopi.

Kupat tahu

Kupat tahu

Tidak hanya di magelang, kupat tahu juga merupakan makanan khas dari temanggung yang wajib anda coba. Ada perbedaan antara kupat tahu magelang dengan kupat tahu temanggung. Jika kupat tahu magelang cenderung memiliki rasa dominan manis dari kecap dan tidak meggunakan bumbu kacang namun kupat tahu temanggung justru cenderung dominan terasa sambal kacangnya yang pedas dan gurih. Anda dapat menjumpai banyak tempat makan di temanggung yang menyediakan menu kupat tahu sebagai menu utamanya.
Demikianlah beberapa ulasan mengenai 10 wisata kuliner di temanggung yang enak dan lezat serta patut untuk di coba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel