Inilah 10 Wisata Kuliner Kabupaten Wonogiri Yang Enak

Dunia Kuliner Indonesia - 10 wisata kuliner kabupaten wonogiri Kabupaten wonogiri merupakan kabupaten di jawa tengan yang secara geografis terletak di sebelah tenggara provinsi jawa tengah. Di bagian utara berbatasan langsung dengan kabupaten sukoharjo dan kabupaten karang anyar, di bagian barat berbatasan langsung dengan provinsi Yogyakarta sedangkan di bagian timur berbatasan langsung dengan jawa timur yakni kabupaten magetan dan pacitan. Sedangkan pada bagian selatan berbatasan langsung dengan pantai selatan jawa. Karena posisinya yang berbatasan langsung dengan dua provinsi jawa timur dan Yogyakarta maka wonogiri memiliki budaya yang hampir sama dengan kedua provinsi tersebut. di kabupaten wonogiri ini juga terdapat banyak tempat wisata dengan mendominasi wisata pantai.

Selain wisata pantai, kabupaten wonogiri juga terkenal akan wisata kuliner khas wonogiri yang yang lezat dan wajib untuk di coba. Kabupaten wonogiri juga di lintasi oleh jalan nasional yang menghubungkan jawa tengah dengan jawa timur serta jawa tengah dengan Yogyakarta, sehingga kabupaten wonogiri ini juga selalu ramai di lintasi oleh kendaraan dari dua sisi. Sebagai kota yang sering di singgahi maka tak heran jika kabupaten wonogiri memiliki ragam kuliner yang di jual di sepanjang jalan dan wajib di coba karena memiliki ciri khas tersendiri. Untuk itu, berikut kami berikan 10 wisata kuliner kabupaten wonogiri yang perlu anda coba ketika anda sedang berkunjung atau singgah di kabupaten wonogiri ini.

Pecel gendar

Pecel gendar

Jika pada umumnya di daerah lain makan pecel menggunakan nasi atau ketupat sebagai pendampingnya, maka berbeda dengan di wonogiri. Karena di wonogiri terdapat makanan pecel khas yang hanya ada di kabupaten wonogiri ini yakni pecel gendar. Gendar adalah beras yang di campur dengan air abu kemudian di masak dan di tumbuk hingga halus. Gendar memiliki tekstur yang kenyal dan lembut dan memiliki rasa tawar. Perpaduan rasa kenyal dan tawar dengan bumbu pecel yang pedas serta ditambah dengan sayuran yang mengenyangkan sangat cocok untuk anda yang sedang lapar.

Jangan Lombok ijo

Jangan Lombok ijo

Dalam bahasa jawa, jangan berarti sayur sedangkan Lombok ijo berarti cabai hijau. Di kabupaten wonogiri ini terdapat sayur cabai hijau keriting yang khas karena justru di dalam sayur Lombok ijo ini yang dominan adalah cabai hijaunya sedangkan bahan lainnya hanya di gunakan sebagai campuran saja. Biasanya bahan campuran sayur Lombok ijo ini berupa tahu, tempe atau teri. Dengan begitu rasa sayur Lombok ijo ini akan terasa pedas, gurih dan asin sangat cocok untuk di makan dengan nasi hangat maupun tiwul.

Tempe koro benguk

Tempe koro benguk

Kuliner selanjutnya ada makanan yang bisa di jadikan kudapan atau bisa juga di jadikan sebagai lauk untuk makan. Namanya adalah tempe koro benguk, daerah wonogiri terkenal dengan produk kacang-kacangan yang melimpah seperti kacang tanah, mete, tolo hingga koro benguk. Kacang koro benguk ini oleh warga wonogiri di olah untuk kemudian di jadika tempe. Rasanya berbeda dengan tempe kedelai namun tetap enak dan bisa di olah di jadikan sayur maupun di goreng di jadikan gorengan untuk kudapan.

Pindang kambing

Pindang kambing

Mungkin jika di daerah lain, pindang lebih dominan menggunakan bahan ikan entah itu ikan laut maupun ikan tawar. Namun berbeda dengan di wonogiri karena disini anda dapat menjumpai pindang dengan berbahan dasar daging kambing. Bagaimana rasanya? Maka dari itu anda wajib mencobanya ketika sedang berada di wonogiri. Berbeda dengan pindang ikan pada umumnya yang memiliki banyak kuah, pindang kambing ini berkuah kental dan sedikit sehingga membuat tampilan pindang kambing ini terlihat seperti bubur. Pindang ini di kukus dengan di bungkus menggunakan daun jati dan bisa di tambahkan kikil maupun jeroan kambing di dalamnya.

Cabuk wonogiri

Cabuk wonogiri

Cabuk wonogiri berbeda dengan cabuk solo, jika cabuk solo merupakan potongan gendar yang diberi kuah santan dengan saus pedas gurih maka saus wonogiri lebih seperti pepes. Bentuknya hitam pekat dengan di bungkus daun pisang dengan di bumbui menggunakan berbagai rempah-rempah. Bahan utama dari cabuk ini adalah wijen yang di haluskan kemudian di campur dengan tepung dan bubuk hitam bubuk londo yang berasal dari merang yang di bakar dan di tumbuk halus di ambil bubuknya.

Lentho

Lentho

Lento merupakan prekedel yang terbuat dari bahan dasar singkong, karena di wonogiri memiliki komoditas singkong yang melimpah maka banyak makanan yang berbahan dasar singkong yang dibuat oleh warga wonogiri sebagai makanan khasnya. Lentho terbuat dari singkong yang di rebus kemudian di haluskan dan di buat bulat-bulat kemudian di goreng dan sangat enak di sajikan hangat-hangat untuk kudapan maupun di sajikan sebagai lauk.

Wader goreng

Wader goreng

Selanjutnya ada wader goreng yang bisa di jadikan sebagai lauk yang enak dan lezat apalagi jika di santap masih hangat baru di angkat dari penggorengan. Mungkin dari sebagian dari kalian ada yang belum tahu apa itu wader? Wader adalah ikan kali atau ikan sungai yang berukuran kecil dan biasanya banyak di jumpai di sungai maupun di kali di pedesaan. Wader biasanya di goreng dengan tepung crispy sehingga menjadikan ikan ini renyah dan gurih dan sangat lezat untuk di jadikan lauk makan.

Tiwul

Tiwul

Meskipun tiwul banyak di jumpai di berbagai daerah terutama di jawa tengah, yokgakarta dan jawa timur namun tiwul juga merupakan salah satu makanan khas asli daerah wonogiri yang perlu anda coba. Di wonogiri ini tiwul sudah di jadikan makanan utama atau karbohidrat pengganti nasi. Oleh Karen itu banyak warga wonogiri memakan tiwul sebagai makanan utamanya di samping nasi.

Bakso wonogiri

Bakso wonogiri

Bakso di kenal oleh semua orang di berbagai daerah di Indonesia, namun setiap daerah pasti memiliki keunikan dan ciri khas masing-masing seperti bakso wonogiri ini. meskipun bentuk dan bahan yang di gunakan sama seperti bakso pada umumnya namun bakso wonogiri memiliki rasa yang sangat lezat dan enak di lidah sehingga bisa membuat anda menjadi ketagihan. Kuahnya yang segar di tambah baksonya yang lezat dengan gilingan daging di dalamnya serta bumbu rempah yang meresap ditambah tetelan menjadi bakso ini sangat lezat.

Kacang mete

Kacang mete

Selain singkong, wonogiri juga terkenal dengan komoditas penghasil kacang mete yang cukup banyak. Oleh karena itu banyak olehan kacang mete yang bisa anda jumpai di sini. Salah satunya adalah kacang mete yang bisa di jadikan oleh-oleh untuk keluarga, saudara maupun teman-temean anda di rumah. kacang mete memiliki rasa yang gurih dengan tekstur yang renyah sehingga anda pasti akan ketagihan jika memakan kacang mete ini, sangat cocok untuk di jadikan cemilan ketika di perjalanan atau cemilan di rumah sambil bersantai-santai.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel