Cobain Rasa Nikmatnya 10 Kuliner Kabupaten Wonosobo

Dunia Kuliner Indonesia - 10 Kuliner Kabupaten Wonosobo Wonosobo merupakan salah satu kabupaten di jawa tengah yang berada di tengah-tengah sehingga kabupaten wonosobo ini banyak berbatasan langsung dengan berbagai kabupaten di jawa tengah misalnya saja di bagian timur berbatasan langsung dengan kabupaten magelang dan temanggung kemudian di bagian selatan berbatasan langsung dengan kabupaten purworejo, selanjutnya di bagian barat berbatasan langsung dengan kabupaten kebumen dan banjarnegara dan di bagian utara berbatasan langsung dengan kabupaten batang dan Kendal. Karena letaknya yang berada di tengah-tengah maka kabupaten wonosobo ini hanya di lintasi jalur alternative nasional untuk menuju ke semarang dari daerah jawa bagian barat daya.

Kabupaten wonosobo terkenal akan budayanya yang masih kental dan berbagai wisatanya yang menarik, kabupaten wonosobo ini berada di daerah dataran tinggi sehingga nyaman untuk di tinggali. Ada banyak tempat wisata alam maupun budaya yang bisa anda kunjungi di kabupaten wonosobo ini. salah satu tempat wisata yang paling terkenal di wonosobo adalah dataran tinggi dieng dan dieng culture festival. Setiap tahunnya wonosobo selalu di penuhi oleh wisatawan baik dari dalam negri maupun dari luar negri karena keindahan alam serta budayanya. Selain itu, di wonosobo juga terdapat beberapa kuliner khas yang tidak bisa anda jumpai di tempat lain, untuk itu anda wajib mencicipinya. berikut 10 kuliner kabupaten wonosobo yang wajib anda coba ketika sedang berada di wonosobo.

Mie ongklok

Mie ongklok

Mie yang satu ini merupakan mie asli khas daerah wonosobo dan tidak akan anda temui di daerah lain, mie ongklok adalah mie yang dicampur dengan daun kucai, kol, kubis dan di siram dengan kuah bumbu kacang kental yang lezat yang biasa di sebut dengan kuah loh. Untuk menyantap mie ongklok ini anda dapat memakannya dengan di lengkapi dengan tambahan sate atau tempe kemul (gorengan tempe khas wonosobo). Mie ongklok ini sangat cocok di makan ketika masih hangat apalagi dengan kondisi cuaca wonosobo yang dingin, semakin menambah kenikmatan rasanya tentunya.

Dendeng gepuk

Dendeng gepuk

Salah Kuliner Kabupaten Wonosobo yang wajib anda coba ketika anda sedang berada di wonosobo adalah dendeng gepuk. Dendeng gepuk ini terbuat dari daging sapi yang berkualitas kemudian di dendeng dan di gepuk. Rasanya gurih, asin dan lezat, anda bisa menambahkan sambal bajak atau sambal matah di atas dendeng kemudian di gepuk sehingga terdapat sensasi pedas yang menggugah selera. Apalagi jika di makan dengan nasi putih hangat, di jamin anda tidak ingin berhenti nguyah jika sudah makan dendeng gepuk khas wonosobo ini.

Carica

Carica

Tidak melulu makanan berat, namun wonosobo juga memiliki Kuliner Kabupaten Wonosobo atau makanan khas berupa manisan yang di namakan carica. Manisan ini berbahan dasar buah carica, yakni buah yang hanya tumbuh di daerah wonosobo dan di dataran tinggi wonosobo. Bentuk pohonnya sama seperti pohon papaya namun cenderung lebih kecil dan buahnya tidak berbentuk lonjong layaknya papaya namun buah carica bundar. Daging buahnya pun hampir sama dengan buah papaya tapi sedikit asam. Oleh karena itu banyak orang wonosobo yang memanfaatkan buah papaya untuk di jadikan manisan. Rasanya segar, asam dan manis jadi satu, sekarang ini carica sudah menjadi oleh-oleh khas wonosobo yang sudah terkenal di seluruh Indonesia bahkan di mancanegara.

Keripik jamur

Keripik jamur

Saking banyaknya warga wonosbo yang membudidayakan jamur sehingga menjadikan jamur adalah salah satu komoditas terbesar dari wonosobo di samping sayur mayor lainnya. dengan banyaknya budidaya jamur yang semakin berkembang maka warga wonosobo kemudian mencari alternative untuk membuat jamur ini di jadikan sebagai makanan dan salah satunya adalah keripik jamur. Saat ini keripik jamur banyak di kemas dan jadikan oleh-oleh. Rasanya yang gurih dan renyah di tambah dengan varian bumbu yang bermacam-macam sangat cocok untuk di bawa untuk oleh-oleh untuk keluarga, teman maupun sodara.

Cenil

Cenil

Cenil merupakan kudapan yang lezat dan banyak di gemari oleh orang di jawa tengah terutama di wonosobo, oleh karena itu cenil menjadi salah satu makanan khas wonosobo yang perlu di cicipi. Cenil berbahan dasar singkong yang di olah kemudian di buat warna warni dan memiliki tekstur yang kenyal dan manis. Biasanya cenil di sajikan dengan ampas kelapa atau saus gula merah sehingga semakin manis dan lezat.

Kue pepe wonosobo

Kue pepe wonosobo

Satu lagi kudapan yang wajib anda coba ketika anda sedang berkunjung ke wonosobo adalah kue pepe, kue khas wonosobo ini biasanya ada di sajikan pada acara-acara tertentu seperti hari besar, lebaran dan hajatan. Kue ini terbuat dari tepung sagu yang di rebus dan di campurkan dengan santan kemudian di buat berlapis. Rasanya manis, kenyal dan cocok untuk di jadikan kudapan.

Kacang dieng

Kacang dieng

Selain carica ternyata terdapat salah satu buah yang cukup terkenal di wonosobo dan banyak di oleh untuk di jadikan oleh-oleh, namanya adalah kacang dieng. Kacang dieng ini memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan kacang tanah. Biasanya warga wonosobo menjadikan kacang ini sebagai cemilan dengan di goreng dan di bumbui serta di taburi bumbu di atasnya. Rasanya asin, renyah dan gurih jadi satu pasti bikin anda ketagihan.

Geblek

Geblek

Kuliner Kabupaten Wonosobo satu ini sangat popular di wonosbo dan banyak di jual di penjual gorengan di pinggir jalan, geblek merupakan gorengan yang terbuat dari tepung pati yang di campur dengan bumbu dan di campur dengan daun kucai. Geblek memiliki bentuk yang bulat, berwarna putih dan memiliki tekstur yang sedikit a lot menyeruopai cireng. Namun meskipun alot geblek ini di jamin lezat dan enak untuk di jadikan kudapan.

Tempe kemul

Tempe kemul

Selanjutnya yang masuk daftar Kuliner Kabupaten Wonosobo yang khas ada gorengan yang sangat terkenal di wonosobo yakni bernama tempe kemul, gorengan tempe kemul ini merupakan tempe yang di goreng dengan menggunakan tepung kemudian ditambah dengan taburan daun kucai. Rasanya gurih dan enak apalagi jika di hidangkan ketika masih panas. Tempe kemul bisa anda temukan dengan mudah mulai dari penjual gerobak pinggiran hingga di rumah-rumah makan pasti menyediakan tempe kemul sebagai salah satu menu utamanya.

Opak singkong

Opak singkong

Untuk anda yang suka makanan ringan berupa keripik maka Kuliner Kabupaten Wonosobo yang satu ini sangat cocok untuk anda nikmati untuk menemani perjalanan maupun suasana santai anda. opak singkong merupakan keripik khas wonosobo yang terbuat dari singkong, mengingat wonosobo merupakan daerah yang subur maka wonosobo juga menjadi salah satu penghasil singkong terbesar di jawa tengah. Opak singkong biasanya banyak di jadikan kudapan oleh warga wonosobo dan sekarang ini sudah banyak oleh-oleh opak singkong yang bisa anda beli dengan berbagai rasa dengan diberikan taburan bumbu yang berbeda-beda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel