Cobain Yuk 10 Wisata Kuliner Kabupaten Sragen Ini

Dunia Kuliner Indonesia - 10 Wisata Kuliner  Kabupaten Sragen adalah salah satu daerah yang masuk ke dalm wilayah Indonesia. Tepatnya jika kamu tahu, bahwa Sragen ini lokasinya berada di perbatasan Jaea Tengah dan Juga Jawa Timur. Nah! Karena letaknya berada di perbatasan inilah kerap kali menjadikan Sragen sebagai lokasi wisata yang kaya akan kulinernya. Tidak hanya itu saja, rupanya Sragen juga dikenal sebagai daerah yang memiliki cita rasa khas pada kulinernya. Nah! Berikut ini adalah daftar 10 wisata kuliner yang ada di Sragen.

1) Wisata Kuliner Sate Kelinci Pak Peng

Wisata Kuliner Sate Kelinci Pak Peng

Jika pada seringnya kita menjumpai sate yang berasal dari daging ayam, beda lagi dengan adanya sate kelinci ini guys! Sate kelinci legendaris yang cukup terkenal di wilayah Sragen ini adalah miliki Pak Peng dan termasuk legendaris. Meski kamu mungjin saja biasa mengkonsumsi sate dari daging ayam atau kambing, sate kelinci juga memiliki cita rasa yang tak kalah spesial dengan sate biasanya. Terlebih dengan paduan bumbu spesialnya yng jarang dijumpai namun lezat. Sate Kelinci milik Pak Peng ini menjadi qiri khas tersendiri bagi warga Sragen.

2) Wisata Kuliner Soto Girin Sragen

Wisata Kuliner Soto Girin Sragen

Berkunjung ke Sragen kurang lengkap rasanya jika tidak icip-icip kuliner yang satu ini. Pasalnya, soto ini termasuk ke dalam jenis jajaran kuliner yang legendaris karena sudah berdiri ejak zaman baheula. Sebab sudah begitu lama berdiri, Soto Girin berhasil mempertahankan cita rasanya yang khas dan tidak mudah dilupakan oleh para pengunjungnya terutama yang baru pernah mencobanya. Tidak hanya itu saja, sajian Soto Girin yang khas ini ternyata sangat mudah kamu jumpai di daerah sekitar Sragen karena begitu banyak orang yang menjualnya. Meskipun banyak yang menjual, cita rasanya juga tidak kalah nendang, kok!

3) Wisata Kuliner Tongseng Pak Noto

Wisata Kuliner Tongseng Pak Noto

Masih membahas seputar sajian menu legendaris lainnya, ternyata Tongseng Pak Noto juga salah satu kuliner yang wajib dicoba, lho! Tidak hanya dapat dinikmati cocok bersama teman atau keluarga saja, tongseng ini ternyata juga memiliki ciri khas tersendiri. Yakni berupa kuahnya yang kental dan berwarna kecoklatan. Selain itu, tongseng pak Noto juga termasuk sajian kuliner laris sebab telah dikenal oleh banyak orang serta lokasinya yang strategis. Tidak hanya itu saja, kuah tongseng tersebut dilengkapi dengan kol dan juga tomat. Oya, guys! Kamu juga bis amemesan varian menu lainnya, lho! Seperti halnya sate, garang asem, dan lain sebagainya.

4) Wisata Kuliner Bakso Rusuk Palur

Wisata Kuliner Bakso Rusuk Palur

Bakso rusuk palur? Mendengar namanya saja terkadang membuat kita terus bertanya-tanya, bukan? Lantas bukankah bakso adalah makanan khas yang sudah bias kita jumpai? So, bakso rusuk plur ini adalah salah satu santapan kuliner yang wajib kamu incar ketika datang ke Sragen. Tidak hanya karena unik, sebab di dalamnya mengandung rusuk inilah menjadikan bakso rusuk palur menjadi bakso yang lain dari pada bakso pada umumnya. Tidak hanya itu saja, harganya yang tergolong terjangkau bisa kmu dapatkan mulai dari RP 10.000 hingga RP 20.000. Kamu bisa temukan Bakso palur ini di jalan Sukowati, Sragen.

5) Wisata Kuliner Sate Kambing Widi Sragen

Wisata Kuliner Sate Kambing Widi Sragen

Terdapat sajian kuliner lainnya yang bisa kamu coba saat berkunjung ke Sragen. Salah satu di antaranya adalah sajian sate widi. Meski sate ayam atau kambing sudah sering kita jumpai di berbagai tempat, buat kamu yang berkunjung di Sragen wajib banget nih buah nyobain sate widi ini. Yups! Kurang lengkap rasanya jika kamu tidak mencicipi sate ini. Karena bagian yang berbeda ada pada bumbunya yang meniliki ciri khas tersendiri dari pada sate yang lainnya.

6) Wisata Kuliner Botok Mercon Pembawa Berkah Sragen

Wisata Kuliner Botok Mercon Pembawa Berkah Sragen

Apa yang ada dalam pikiranmu ketika mendengar sajian bothok mercon? Nah! Jika biasanya bothok sering kali kita jumpai pada warteg-warteg, ternyata ada loh bothok dengan embel-embel mercon yang dapat kita jumpai ebagai sajian makanan khas Sragen yang wajib kamu cicipi ketika berlibur atau berkunjung ke sana. Bagaimana tidak? Bukankah sebagian orang Indonesia adalah pecinta rasa pedas? Nah! Bothok mercon ini sa satu wisata kuliner di Sragen yang wajib kamu cobain. Tidak hanya itu saja, ternyata bothok ini juga bisa dijadikan teman makan nasi, lho sobat!

7) Wisata Kuliner Gathot Sragen

Wisata Kuliner Gathot Sragen

Selain daftar beberapa wisata kuliner yang telah disebutkan di atas, ada menu lain yang bis kamu cicipi di Sragen nih, guys! Yakni berupa Gathot Sragen. Mungkin kanu tidak akan menjumpai kuliner ini di tempat lain selain Sragen. Nah! Karena Gathot ini adalah salah aatu sajian kuliner yang terbuat dari gaplek dan juga telah melalui beberapa proses seperti perendaman hingga prises pemasakanannya. Kamu dapat mencoba kuliner khas Sragen ini ketika berkunjung ke sana, yaa!

8) Wisata Kuliner Pecel Tumpang Sragen

Wisata Kuliner Pecel Tumpang Sragen

Jika biasanya kita mendengar pecel lele, bagaimana dengan pecel tumpang? Yups! Pecel tumpang masuk ke jajaran makanan khas Sragen yang masih wajib kamu cobain saat berlibur ke sana. Karena bernama pecel tumpang, salah satu ciri khas yang menjadi pembeda antara pecel lainnya yakni bumbu pecel tumpangny ayang menjadi citta rasa tersendiri sehingga masuk ke golongan makanan yang paling banyak dicari bagi para pecinta kuliner. Berbagai cita rasa seperti pedas, manis dan asin dapat kamu rasakan dalam sajian yang satu ini. Jika kamu ingin mencoba bagaimna rasa pecel tumpang ini, cukup kunjungi saja daerah Kuwungsari, Sragen maka kamu akan mendapatkannya.

9) Wisata Kuliner Trancam Mbah Pin Sragen

Wisata Kuliner Trancam Mbah Pin Sragen

Ada sajian makanan lain yang bisa kamu rasakan di Sragen ini, lho! Yakni berupa Trancam yang bisa kita sebut sebagai trancam mbah pin. Meskipun kamu belum pernah mencobanya, untuk rasa jangan khawatir lagi! Karena trancam mbah pin ini sangat lezat dan patut menjadi buruan para pecinta kuliner.  Lebih uniknya lagi, trancam mbah pin ini adalah sajian makanan yang serba dibakar jadi kamu bebas menikmatinya kala cuaca sedang dingin.

10) Wisata Kuliner Tengkleng dan Sate Kambing Mas Mitro

Wisata Kuliner Tengkleng dan Sate Kambing Mas Mitro
Setelah membahas berbagai macam wisata kuliner di Sragen, tibalah kita di penghujung wisata kuliner andalan kota Sragen karena di sana kamu berada, tempat utama inilah rekomendasinya. Selain telah dikenal oleh banyak orang, wisata kuliner yang satu ini juga telah mengusung rasa yang tidak kalah lezat dibandingkan dengan yang lain. Sekalipun kamu belum pernah datang ke sini pula maka kamu akan dengan mudah menemukan alamatnya di Jalan Sukowati Jo. 117.
Nah! Itulah daftar wisata kuliner Sragen yang bisa kamu cobain dan cicipin ketika berkunjung ke sana. Tentu selain berlibur mengunjungi lokasi wisatanya juga tidak ketinggalan untuk berburu kuliner di sana, bukan?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel