Rekomendasi 10 Wisata Kuliner Kabupaten Tegal Yang Khas

Dunia Kuliner Indonesia - 10 wisata kuliner kabupaten tegal Kabupaten tegal merupakan salah satu kabupaten di jawa tengah yang cukup ramai karena kota administrasinya terletak sangat strategis berada di jalur lintas nasional di jalan pantura.  Oleh karena itu, kota tegal ini sering di lalui oleh lalu lalang kendaraan baik yang akan menuju ke arah barat maupun ke arah timur atau selatan. Karena lokasinya yang strategis inilah sehingga menjadikan kota tegal sering di gunakan sebagai tempat singgah ketika sedang dalam perjalanan. Sebagai kota tempat singgah dan selalu ramai maka tak heran jika kota tegal ini menyimpan banyak daya tarik yang perlu di eksplor, salah satunya adalah wisata kulinernya.

Banyak aneka makanan dan kuliner khas di kota tegal yang wajib anda coba ketika anda sedang berkunjung ke kota tegal ataupun ketika anda sedang mampir singgah di kota tegal ini. untuk itu, berikut 10 daftar wisata kuliner kabupaten tegal yang wajib anda cicipi.

Nasi ponggol

Nasi ponggol

Nasi ponggol ini sebenarnya tak berbeda jauh dengan nasi rames pada umumnya, berisi sayur tempe kering, sambel cabe merah, mi goreng, langgi dan kerupuk kuning. Namun yang membedakan nasi ponggol ini dengan nasi rames pada umumnya adalah nasi ponggol ini sudah di bungkus dengan daun pisang dengan porsi yang tidak terlalu banyak. Karena di bungkus daun pisang ini maka nasi ponggol memiliki rasa dan ciri khas tersendiri yang berbeda dengan nasi lainnya.

Kupat glabed

Kupat glabed

Ada juga kuliner unik khas tegal yang wajib anda coba, namanya adalah kupat glabed. Mengapa di namakan demikian? Karena kupat glabed ini merupakan kupat yang di siram dengan kuah yang agak kental sehingga kupat ini di sebut dengan kupat glabed atau bahasa indonesianya kupat kuah kental. Sekilas kupat glabed ini terlihat seperti ketupat sayur atau lontong opor pada umumnya namun jika anda sudah mencicipinya maka anda di jamin ketagihan karena rasanya yang lezat, gurih apalagi jika di tambah dengan kerupuk kuning saat memakannya.

Nasi lengko

Nasi lengko

Nasi lengko juga merupakan salah satu makanan khas tegal karena nasi lengko ini hanya ada di tegal. nasi lengko merupakan nasi yang di campur dengan potongan tempe, tahu, toge, timun yang di siram dengan saus kacang kemudian untuk penyajiannya di padukan dengan kerupuk kuning agar menambah nikmat dan gurih dari nasi lengko ini. harga nasi lengko pun cukup terjangkau yakni hanya 10 ribuan hingga 15 ribuan saja.

Soto tauco

Soto tauco

Untuk anda pecinta makanan berkuah dan pecinta soto maka wajib untuk mencicipi salah satu soto khas tegal ini, namanya adalah soto tauco. Soto ini berbahan dasar tauco yang di campur dengan ayam, babat atau daging cincang kemudian di tambah dengan usus yang sudah di goreng kering dengan di tambah sambal serta tak ketinggalan bumbu tauco tentunya. soto tauco ini juga cocok untuk di makan dengan nasi dan cocok untuk di jadikan lauk untuk makan.

Tahu Aci

Tahu Aci

Tidak hanya makanan berat, di kota tegal ini juga terdapat makanan ringan atau camilan khas yang wajib anda cicipi dan bisa di jadikan referensi untuk anda yang sedang malas makan berat. Cemilan yang di maksud adalah tahu aci. Tahu aci merupakan tahu yang di goreng dengan menggunakan aci atau tepung tapioca, tahu dipotong berbentuk segitiga kemudian di masukan ke dalam adonan tepung acid an di goreng. Anda bisa memakannya selagi hangat, rasanya gurih dan asin cocok untuk di jadikan cemilan ketika anda sedang bosan.

Sate kambing muda

Sate kambing muda

Meskipun sate kambing muda banyak terdapat dimana-mana bahkan di seluruh daerah di Indonesia, namun sate kambing muda dari tegal ini merupakan salah satu sate kambing muda yang enak dan wajib anda cicipi. Ada dua warung sate kambing muda yang terkenal di tegal yakni sate kambing muda batibul dan sate kambing muda wendy. Keduanya sama-sama enak dan anda harus rela mengantri ketika ingin membelinya karena sate ini selalu ramai dan laris pengunjung setiap harinya. Dagingnya yang empuk dengan sensasi saus dengan bumbu rahasia menjadikan sate kambing muda tegal ini bikin nagih.

Olos

Olos

Satu lagi cemilan khas kota tegal yang wajib anda cicipi, namanya adalah olos. Cemilan ini terbuat dari tepung kanji yang di isi dengan potongan cabe rawit dan sayur kol sehingga ketika anda menggigitnya maka anda akan merasakan gurih dan pedas sekaligus dalam satu gigitan. Saat ini, mengikuti perkembangan jaman maka olos memiliki isian yang cukup bervariasi seperti isian ayam, sosis, bahkan keju sehingga olos semakin mudah untuk di terima oleh masyarakat. Harganya pun cukup murah karena hanya sekitar satu ribu rupiah hingga dua ribu rupiah per bijinya.

Es lontrong

Es lontrong

Nah untuk anda yang sedang mencari minuman yang segar-segar ketika sedang berada di kota tegal yang panas maka anda wajib mencicipi salah satu es khas kota tegal yang satu ini. nama es tersebut adalah es lontrong. Mengapa dinamakan es lontrong? Ternyata ada penjual es di gang lontrong yang sangat terkenal hingga saat ini hingga nama es tersebut dinamai sesuai dengan nama penjual saat berjualan di gang lontrong ini. es lontrong berisi cincau, es serut, kacang hijau dan di siram dengan santan serta sirup merah. Sangat menyegarkan bukan?

Glotak

Glotak

Glotak adalah gembus atau semacam oncom yang di hancurkan kemudian di bumbui dan di masak dengan berbagai macam bumbu, masakan khas satu ini sangat khas dan hanya ada di kota tegal. Biasanya glotak di campurkan dengan daging ayam atau daging sapi kemudian di tambah dengan cabai sehingga terasa pedas namun tetap kaya akan rasa. Glotak banyak di jual di pinggir-pinggir jalan maupun di rumah makan di tegal, selain itu anda juga bisa membeli glotak ini di pasar tradisional di tegal.

Rujak teplak

Rujak teplak

Selanjutnya untuk anda yang menginingkan makanan yang segar-segar sebagai obat ngantuk maka anda perlu mencoba salah satu makanan khas dari tegal ini namanya rujak teplak. Rujak teplak ini bukan rujak buah namun lebih tepatnya terdiri dari berbagai macam sayuran yang di rebus yang kemudian di siram dengan sambal singkong yang bercitarasa pedas. Selain itu, rujak ini juga di lengkapi dengan kuah santan dengan sambal terasi yang semakin memperkaya rasa dari rujak teplak ini. untuk mencobanya anda tidak perlu merogoh kocek yang dalam karena harganya cukup tergankau yakni sekitar sepuluh ribu hingga lima belas ribuan saja. Anda bisa membelinya di pasar-pasar tradisional maupun di penjual-penjual yang berjejer di pinggir jalan yang biasanya sudah berjualan dari pagi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel